WEB BLOG
this site the web

GEMPA

Di Ciamis Ratusan Luka akibat Gempa

Rabu, 02 September 2009 , 21:23:00

CIAMIS, (PRLM).- Ratusan orang luka berat dan ringan akibat tertimpa reruntuhan bangunan yang ambruk akibat gempa yang mengguncang tatar Galuh Ciamis pada Rabu (2/9) pukul 14.55 WIB. Sementara itu hingga semalam, sebagian warga juga memilih tidur di luar rumah.

Hingga pukul 19.49 WIB, seorang diketahui meninggal dunia akibat tertimpa reruntuhan rumah. Korban meninggal adalah Anewi (82) warga Dusun Kersaratu, Desa Sindangjaya Kecamatan Padaherang. Korban tertimpa bangunan rumah saat hendak menyelematkan diri keluar dari dalam rumah.

Gempa dengan kekuatan 7,3 skala richter tersebut juga menjadikan warga dilanda kepanikan. Terlebih saat terjadi guncangan keras yang kedua, mereka berlarian keluar rumah maupun keluar dari dalam kantor.

Suara takbir juga tidak henti hentinya terdengar dari berbagai penjuru. Suasana menjadi sangat mencekam. Arus lalu lintas terhenti, bahkan sebagian wilayah aliran listrik juga padam.

Gempa juga menyebarkan ratsan rumah rusak berat dan ambruk. Dari beberapa wilayah, kerusakan parah terjadi di wilayah Lembursitu, Kelurahan/Kecamatan Ciamis. Dari dua RT saja tercatat 27 rumah yang rusak berat dan ringan. Sebagian di antaranya luluh lantak rata dengan tanah.

Selain itu berbagai fasilitas seperti sekolah, bank maupun kantor pemerintah juga rusak. Sekolah yang rusak di antaranya MAN2 Ciamis, Unigal, Akper dan lainnya. Kemudian BRI Ciamis, Toserba Yogya, Gedung DPRD, Gedong Pramuka, GOR Panjalu, sejumlah masjid dan lainnya juga rusak.

Hingga saat ini belum bisa ditaksir kerugiannya. Petugas masih konsentrasi menyelamatakan korban serta warga yang kehilangan tempat tinggal.

0 komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies